Wednesday, August 10, 2011

Omelan di Sore Hari

Sore yang emosional. Gagal deh dapat nilai puasa optimal. Gimana mau optimal, la wong sore2 saya ngomel2 ;( Ini percakapan antara saya (S) dengan seorang teman dekat (T) melalui telepon.

S: eh, lo tuh ya, maksut lo apaan sih ngomong kayak gitu? Ada yang nyalain kompor bukannya lo matiin apinya, malah lo gedein. kecewa gue sama lo.
T: eh, kenape sih, lo, Rif?
S: kenape? lo tanya kenape? email lo tuh!
T: ah elo, gitu aje pake perasaan. semuanye pake perasaan. ga asik lo!
S: emang kenape kalo pake perasaan? lo aja yang kebo, kagak punya perasaan! dasar kebo!
T: sembarangan, emang kebo ga punya perasaan? punya tau!
S: terus siapa yang ga punya perasaan?
T: Ayam
S: ya udah, dasar ayam lo!
T: udah lah, ga usah diperpanjang, masalah kayak gitu ajah. sayang puasa lo kalo marah2 gitu.
S: denger ya, gue ga marah2! gue cuma mengekspresikan kekesalah gue sama lo berdua, ngerti?!
T: tapi emang bener kan yang gue omongin?
S: bukan masalah omongan lo, tapi cara lo berdua! ga pantes tau kalian ngomong kayak gitu di depan orang banyak!
T: apa bedanya sama gue ngomong di depan orang dikit?
S: ya beda!
T: embe jeung kuda?
S: tolong ya, gue lagi serius!!! pokoknya beda!!!!
T: trus gue musti gimana?
S: kalo emang lo ga suka dengan cara gue, lo ngomong aja langsung ke gue! ga kayak gitu caranya. Temen lo juga tuh, sama aja.
T: ya udah, buat pelajaran lo, Rif.
S: eh, enak aja gue doang, lo juga musti belajar, temen lo juga! percuma dong kalo gue sendiri yang belajar.
T: ya ga percuma, kan lo jadi pintar?
S: aduuuuhhhhhhh............tolong ya, gue bilang gue lagi serius!!!
T: oh, gue pikir lo lagi marah2?
S: au ah, sekarang gue musti gimana neh?
T: ya udah, cuekin aja omongan itu, emang dia orangnya begitu. maklum lah, orang sana kan adatnya emang gitu, cara ngomongnya blak-blakan.
S: tuh kan, selalu ada pemakluman. ga bisa gitu, dia harus tau kalau caranya dan cara lo itu ga baik.
T: ya udah ngomong aja.
S: lah kata lo ga usah diperpanjang? ga konsisten deh!
T: kan lo sendiri yang bikin ini panjang?
S: ah udah ah, cape gue tereak2 kayak gini. pokoknya, sekali lagi gue bilangin ya, cara lo yang ini sama sekali ga bagus! ga ngasih contoh yang baik buat semua. makasih.

Akhirnya telepon itu saya tutup.

Sementara itu, beberapa pesan dari intranet masuk ke kotak chat saya.

"Sabar ya, Bu, sabar...." kata si bapak yang bijak.
"Ka, sabar ya, ga usah ditanggepin," kata si ibu itu.
"Mbak Rif, udahlah.... cuekin aja," hmmm....seorang junior nasehatin saya.
"Hahahaha...Mbak, lo kenapa? Kepancing ya? Udah, cuekin," kata junior yang lain.

Huft, sabar....sabar...akhirnya saya bisa mengendalikan kemarahan saya. Alhamdulillah.

Kadang, di mata beberapa orang, apapun yang kita lakukan selalu saja ada salahnya. Selalu saja ada cacatnya, selalu saja ada kurangnya. Beberapa orang itu mungkin tidak melihat ke sisi lain yang juga ada, tapi lebih fokus ke yang kurang-kurang itu. Beberapa orang itu kadang lupa bagaimana pertama kali kita harus berterima kasih dan selanjutnya mengkritik dengan cara yang baik. Beberapa orang itu mungkin saja termasuk saya.

Jadi, apa yang terjadi kemarin sore memang menjadi pelajaran buat saya. Agar lebih hati-hati berpikir, mengambil keputusan, menyampaikannya, dan menanggapi berbagai reaksi yang muncul karenanya.

Wallahu a'lam.

24 comments:

Lidya said...

ikutan komen juga,sabar mbak sabar :)

Dhymalk dhykTa said...

sy juga...sabar..mumpung bulan Ramadhan..

joe said...

iya sabar tuh, kan lagi puasa lho...

Putri Baiti Hamzah said...

Istighfar kak...Sabar...

Ajeng Sari Rahayu said...

sabar mbak

ningsyafitri said...

Walaupun Ning gak ngerasain betul2 gimana rasanya, hingga Mba Rifka 'naik darah', tpi Ning cuma mau bilang, 'mungkin ini adalah salah satu cobaan dari Allah di bulan Ramadhan.' Yaaa, betul yg dibilang Mba, harus hati2 dlm bertindak. *mmm,,,kykx butuh proses pemikiran yg panjang nih.

*hehehe...sok ngasih komentar yang gimanaa gittuuu ningningnya...

Rifka Nida Novalia said...

Lidya, Dhymalk, Joe, Putri Baiti Hamzah, Ajeng, dan Ning: makasih ya udah support ;) udah ga marah lagi koq, nih buktinya aku senyum ^_^

r10 said...

lain kali musti lebih siap bila menghadapi situasi yg mungkin emosional, agar puasanya selamat :)

al kahfi said...

mmg yg namanya emosi susah tuk di tahan2,,tapi berusahalah tuk berpikir positip dan berbicara dgn pikiran jernih,,krn setiap ucapan makian dgn org lain itu kelak bisa jd bumerang energi negatip yg suatu saat bs berbalik kpd kita,,hehe,,maaf,, met puasa,& met kenal,,sy follow y blognya

Huda Tula said...

mau ikut2an bilang: sabar mba', sabar.. diikhlasin aja...hehehe

NuellubiS said...

jadi masalahnya uah kelar belon ni mbak? hehehhe

auliadriani said...

Hahahaha... kebayang lo debat seru gitu buu... Nikmatilah, karena lo ga akan tau kapan semuanya akn berubah... :) Ah jadi kangen kantor :D

Rifka Nida Novalia said...

r10: iya nih, sepertinya begitu, thanks ya.
alkahfi: oke..oke...makasih ya, nanti saya folback.
Huda: yeeee...ikut2an, ga kreatip ah kamu, Hud!
Nuel: belum 100% sih, tapi udah ketemu titik terang.
aul: hello, Bu, pa kabar? kangen juga ma dirimu, Mak. iye, kebayang kan lo gue tereak2 gitu huhuhuu...

Gaphe said...

masalah tiket kidzania?.. eh, kalo saya pesen ntar kalo menang buat hadiah giveaway boleh nggak?
#banciGiveaway

LuluFab4 said...

yah mas yoga.. diperjelas gitu subjeknya..
ntar ad yg tersinggung aj

Jin Kinjeng said...

dasar kebo, gak punya perasaan, terus siapa yang ga punya perasaan?, " ayam, Dasar Ayam lu,

wkwkwk aku malah ngakak pas ngebaca itu, wkwkwk, beneran mba, jadi gak kepikiran maksud dari tulisayna, wkwkwk,

Meta Istiqomah said...

Mbak Rifka.....
hari ini aku persis merasakan hal yang sama dengan mu, cuma di malam hari ini aku baru mengerti, memahami....
I just learned that hopefully i can be better person, yes, such condition is truly learning for us, apalagi ini bulan ramadhan :)

Semangat terus jadi dan tetap baik yah mbak ^_^

Btw, tonic mbak rif tadi membuat hatiku lega loh...

ketty husnia said...

ikutan mendoakan untuk kesabaran mbak Rifka. semogar apa yg terjadi pada mbak Rifka,..tidak terlang lagi,..amin!

Rifka Nida Novalia said...

Gaphe: errrr.....huft, no comment ;p
Lulu: hey, selamat ya atas blogmu. buruan bikin postingan ya.
Jin Kinjeng: emang gitu deh gaya kami berkomunikasi. seru kan?
Meta: alhamdulillah ^_^
Ketty: makasih ya, Mbak ;)

Bunda Loving said...

Subhanallah...ternyata dalam bulan suci ada ya yg berdebat sehebat ini....Semoga gak terulang lagi ya dan moga rifka semakin banyak sabar...

Adi Chimenk said...

gini nih yg paling gw takutin, orang kayak lu yang pembawaanya sante kayak di pante, dan punya bakat terpendam ngelucu. Tapi klo marah nyeremin. Ntar kopdar jadi bahan ceng-cengan ah.. tentunya habis buka puasa, biar afdhol..:p huhehehehehe

Adryan Nurdien said...

agak heran sama temennya mbak.. gak bisa mbaca situasi dan kondisi gitu, udah tau lagi serius malah bercanda..

semoga menjadi pelajaran yang bermanfaat mbak.. :D
salam kenal.. :)

Orin said...

Hihihi....maaf mba, tapi 'berantem'nya tetep lucu ya hihihi...

Semoga skrg sudah mereda kemarahannya, dan terima kasih sudah mempostingkannya, krn saya jg jadi bisa mengambil hikmah darinya ;)

rahma said...

wow ini yg namanya ujian di kala shaum kali ya mba.
mari biasakan lebih dewasa dan lebih sabar =)