Sunday, May 20, 2012

Masih Ada Sedikit Cerita; Hari Ke-3 dan Ke-4

Hey, sudah berapa bagian ya saya tulis cerita saya tentang China? Hmm...bukan China seutuhnya memang, hanya bagian kecil dari tempat-tempat terkenal di Beijing. Masih ada cerita tentang dua hari terakhir saya di sana, tapi salah satunya udah saya ceritakan, tentang pendakian saya ke Tembok China dan kunjunga saya ke Dr. Tea.

Selebihnya, hanya cerita tentang si Panda, si Kungfu, dan oleh-oleh dari pasarXiushui.

Cerita tentang si Panda tidak terlalu menarik. Pas saya dan rombongan ke sana, panda-pandanya lagi tidur ;( cuma satu nih yang kebangun dan berhasil difoto sama teman saya, Mas Alfa.



Tentang oleh-oleh, wah, ini yang lebih menarik untuk diceritakan. Jadi, pertama kami diajak ke pasar Xiushui. Gila! Bener-bener gila! Penjual di sini ngasih harganya keterlaluan.Karena mereka keterlaluan, kita juga harus keterlaluan! Yup, untuk satu baju China anak-anak atau disebut Cheongsam mereka ngasih harga 400 - 500 Yuan! Dan, Yes! Saya bisa dapat Cheongsam dengan harga 30 Yuan ^_^ Teman saya malah dapat lebih murah, 25 yuan. Terus....barang-barang yang lain juga sama. Mereka ngasih harga ke kita seperti itu. Bukan cuma itu aja, mereka pun kasar-kasar, ketus. Pernah, saya nawar Cheongsam untuk saya sendiri, eh, saya dibentak, "Don't touch! Don't touch!" Ya udah....Yang lebih gila lagi, teman saya sempet berantem (baca: adu mulut) karena dia dibilang gila sama si penjual. Sebabnya kenapa? Karena dia nawar keterlaluan hahahahaaaa....

Di pasar itu saya juga beli kaos dengan harga 15 Yuan, dari harga 300 Yuan. Chopstick 6 Yuan dari harga 50 Yuan, dan beberapa souvenir lain dengan harga murah. Tentunya setelah melalui proses tawar menawar yang supergila itu. Ini salah satu souvenir yang saya beli di sana, dompet bersusun dengan motif dan warna khas China.


Oya, sekadar saran buat kalian yang mau pergi ke China:
  1. Sedia selalu botol kosong buat kalian pergi ke toilet. Di sana hampir semua toiletnya toilet kering. Buat yang ga biasa, pasti galau deh dibuatnya. 
  2. Sedia juga tisue basah yang superharum buat kalian pergi ke toilet. Toilet-toilet di sana hampir semuanya ga pake pengharum. Jadi, aduuuh....ampyun deh baunya.Kalau ada tisue basah kan kalian bisa nongkrong sambil menghirup aroma tisue itu =p
  3. Bawa uang Yuan sampai receh terkecil, paling nggak bawa pecahan 1Yuan. Kalian ga tau kapan kalian butuh itu. Beberapa teman dapat pengalaman ga enak, dia beli sesuatu dengan uang besar dan dapat kembalian uang palsu. So, buat jaga-jaga, bawa aja receh 1 Yuan itu.
  4.  Masyarakat di sana ga ramah kayak masyarakat kita. Jadi, jangan kaget kalau kita, turis, dibentak-bentak dan diperlakukan ga enak. Satu teman saya dapat pengalaman pahit di sana, terkena palang parkir dan akhirnya dapat delapan jahitan. Si penabrak palang itu ga bertanggung jawab...
  5. Sehabis belanja, pastikan uang yang kalian terima ga sobek ataupun ga palsu. Jangan sampe kalian gigit jari dan mangkel aka dongkol karena dapat uang palsu. 
  6. Bawa makanan atau masakan ala lidah kalian ke sana. Misalnya, kering tempe, kering kentang, kering teri (hehehe...kering semua ya?), abon, sambel, atau kecap...ya perbekalan seperti itulah. Pasti berguna.
  7. Perhatikan musim, jangan sampe saltum ya!
  8. Bawa selalu kartu nama hotel ke mana-mana, just incase you lost.
  9. Tawar harga semurah-murahnya...ga usah takut dibentak, ga usah takut dibilang gila. Otherwise...kalian sendiri yang rugi. Ingat, dari harga 500 Yuan sampe dapat 30 Yuan.
Itu aja...^_^ Kalau sempet, saya cerita tentang Kungfu Show dan beberapa hal kecil yang tersisa.

(Beijing, April 2012)


3 comments:

al kahfi said...

wah gk kebayang dech kalau menngunakan toilet kering,,hanya di sediakan tisuu berarti ya,,pastinya gk biasa buat org2 di indonesia

Lidya - Mama Cal-Vin said...

terima kasih tipsnya mbak. gak kebayang ya bau ditoiletnya :)

Rifka Nida Novalia said...

al kahfi: iya, Mas, bikin males ke toilet.
Lidya: sama2, Mbak ;)