Monday, January 6, 2014

Salah Satu Momen Penting Raisha; Tes Masuk SD

Momen berkesan pertama di tahun 2014 adalah Sabtu kemarin, 4 Januari, ketika Raisha mengikuti tes masuk Sekolah Dasar (SD) di sebuah sekolah di lingkungan perumahan kami. Akhirnya, saya ngalamin juga momen itu. 

Lain dulu lain sekarang. Beda banget emang, dulu, anak-anak masuk SD mah masuk aja. Orang tua tinggal daftar, isi formulir, bayar uang pangkal, kasih dokumen2 persyaratannya, masuk deh. Sekarang, pake ada tesnya segala. Walaupun untuk pemetaan, tapi kayaknya kasian aja ngeliat anak kecil dites2 kayak gitu. Itu pendapat kalo ngikutin hati kecil saya sebagai orang tua. Tapi, kalau diliat dari kacamata seorang profesional, ga ada salahnya juga sih memetakan dulu kemampuan dan kepribadian anak. Mungkin sekolah punya tujuan yang kita ga tau, misalnya untuk membuat distribusi siswa yang merata di setiap kelasnya. Wallahu a'lam.

Tes dimulai pukul 8 dengan tiga materi yang dites, yaitu tes psikologi, tes keagamaan, dan tes akademik. Macam2 emang tingkah anak2. Ada yang baru masuk ruang kelas udah nangis, ada yg di tengah2 pengerjaan tes psikologi ngambek ga mau ngerjain, trus nangis dan minta keluar, dan sebagian besar lainnya bisa menyelesaikan semua materi tes itu. Alhamdulillah...walo pas selesai mukanya keliatan cape', tapi Raisha termasuk yang bisa menyelesaikan semua. 

Pengumumannya Sabtu depan. Ga sabar mau liat hasil pemetaan sekolah atas diri Raisha. Ini foto Raisha waktu duduk di ruang kelas untuk tes psikologi.

Cape' ya, Kak?

6 comments: