Tuesday, July 16, 2013

Menikmati Waffle di Volendam

Oke, sekarang kita jalan-jalan ke Volendam. Kota ini, nyontek dari wikipedia, adalah sebuah kota di provinsi North Holland, di Belanda. Penduduknya berjumlah sekitar 22.000 jiwa (Nopember 2007). Jangan tanya sekarang jumlahnya berapa ya… Kita ga akan belajar Geografi di sini.

Masih dalam rangkaian tur yang saya ikuti, setelah dari Amsterdam, kami mengunjungi kota ini untuk beberapa saat. Saya pikir sih cukup lama karena ketika di sana kami sempat jalan-jalan sekadar sightseeing, foto-foto, belanja pernak-pernik Amsterdam, dan makan siang di sebuah restaurant. Yuks kita intip satu per satu bingkai cerita saya di sana.

Hal pertama yang membuat saya terkesan dengan kota ini adalah suasananya. Jauh dari keramaian kota, bersih, dan rumah-rumah kecil sepanjang perjalanan itu lho yang membuat saya pengen masuk dan bersantai-santai di sini.
Dari dalam bus, bisa kita lihat di sebelah kiri adalah laut dan di sebelah kanan adalah rumah-rumah penduduk yang berjajar rapi. Karena saya penggemar benda-benda mini, saya langsung suka sama rumah-rumah yang ada di sini. Apa mereka ga takut kena air laut? Tenang, Belanda terkenal dengan sistem pengairannya yang hebat. Mereka punya bendungan-bendungan sebagai tanggul untuk mencegah terendamnya wilayah mereka oleh air. Di sini, di Volendam, kita akan menemukan perbedaan tinggi antara laut dan rumah-rumah itu. Yup, rumah-rumah itu terletak lebih tinggi di daratan di dekat laut.

Bus yang kami tumpangi parkir di dekat pantai. Di sepanjang jalan menuju tempat parkir ini, ada banyak toko cindera mata yang menjual pernak-pernik Amsterdam.

Ada juga dua atau tiga toko yang menjual keju. Kenapa keju? Karena Volendam itu terkenal sebagai The Village of Fishermen, Music and Cheese.

Satu lagi, di sini ada pula studio foto yang menyediakan pakaian tradisional Belanda. Jadi, buat yang mau bergaya ala Si Noni, bolehlah mampir ke studio foto ini. Di etalase studio ini, ada banyak foto orang Indonesia dipajang, mulai dari Rano Karno sampai Annisa Pohan. Ya, mereka semua memakai pakaian tradisional Belanda. Berikutnya, siapa tahu fotomu yang dipajang di etalase itu :)


Waktu itu udaranya dingin banget. Seperti biasa, ga lengkap rasanya jalan-jalan kalo ga nyicipin jajanan di daerah yang kita kunjungi. Ada beberapa Food Corner (seperti dalam gambar di bawah) yang menjual berbagai macam panganan ringan, pilihan saya jatuh ke sebuah tempat yang menjual Waffle. Wafflenya enak banget, enaaaaaak bangets. Ada beberapa pilihan rasa dan saya memutuskan untuk mencoba Caramel Wafflenya. Sekali lagi, wafflenya enaaaaak banget, mau dimakan pas panas atau dingin, tetap enak. Kalau panas terasa empuk dan lembut, ketika dingin, wafflenya menjadi kering dan kriuk. Recommended deh untuk dicoba!
Di lokasi ini ada satu hotel, namanya Hotel Spaander. Buat kamu yang mau ke sini, mungkin hotel ini bisa menjadi tempat nginap yang asyik karena lokasinya memang di tempat wisata Volendam ini; dekat pantai dan dekat tempat-tempat jajan itu.


Terakhir, saya eksis dulu dengan berfoto di pinggir pantai ^_^


12 comments:

diah alsa said...

kereen yah Mbak..

sempat foto pake pakaian tradisional sana gak Mbak? berpose ala Noni gitu? hehehh

SHUDAI AJLANI (dot) COM said...

Waaaah seru banget mba, jadi kepengen nyobain jalan-jalan kesana :D

Rifka Nida Novalia said...

Diah: aku ga foto euy...jalan2 muter2 aja di Volendam.
Shudai: sok atuh nyobain sana ;)

Adi Chimenk said...

aiihh, foto terakhir mantab mbak! :)

Lidya - Mama Cal-Vin said...

lebih enak ya mbak wafflenya

Rifka Nida Novalia said...

Chimenk: iya dong, siapa dulu modelnya =p
Mbak Lidya: enak buanget, Mbak e....pengen lagi, tapi jauh banget yak ;(

turiscantik.com said...

saya pernah juga kesini tapi sayangnya kok saya malah baru tau ada waffle enak aaahhh to bad ;(

auliadriani said...

Rumah2nya lucu, ya... bata ekspos tapi rapih gitu...

Rifka Nida Novalia said...

Turis cantik: tempatnya kecil dan nyempil, tapi enak lho wafflenya...
Aulia: unyu kan, Bu? gue ngabayangin itu rumah2an anak2 ;)

the others said...

Mbakkkk... lama gak mampir kesini nih. Aku jadi ketinggalan banyak berita. Emang sejak kapan mbak di Belanda (ya) ?
Pindah kerja ?

catatan kecilku said...

Pengen juga bisa jalan2 ke Volendam dan menikmati wafflenya mbak :)

Rifka Nida Novalia said...

Bu Reny: kalo ke sana bilang2 ya, Bu, titip oleh1.