Monday, September 16, 2013

Versailles, Saya Datang!



Versailles menjadi satu hal yang paling berkesan dari acara jalan-jalan saya ke Paris bulan Juni lalu. Gimana nggak, semua yang saya lihat di sana bener-bener memikat mata dan hati untuk pengen balik lagi ke sana. Terdengar lebay? Atau norak? Gapapa deh, itu semua karena saya memang seneng banget jalan-jalan ke sana.


Disambut kilauan gerbang emas, lahan yang super duper luas, dan cuaca yang pas banget panasnya, membuat saya ingin menghabiskan waktu yang lama di sini. Kalau yang belum tau Versailles itu apa, silakan aja cek di sini , saya ga akan menceritakan detail tentang tempat ini. Saya cuma mau bilang, tempat ini bisa jadi rekomendasi teman-teman kalau berkunjung ke Perancis nanti.


Istananya, tamannya, benda-benda seninya, kanalnya, wah...semuanya membuat saya kagum.Saya kasih liat ya beberapa gambar yang saya ambil.


Tiga foto di atas adalah foto dua sudut istana peninggalan Raja Louis XIV. Pembangunan lingkungan istana ini sebenarnya dimulai sejak jaman pemerintahan Raja Louis XIII, tapi kemudian secara bertahap diperluas dan dikembangkan oleh pemerintahan-pemerintahan berikutnya. Konon, ada 700 kamar dan 2.153 jendela di kompleks istana ini.

Pose di salah satu dari 2.153 jendela di Istana Versailles
Kalau teman-teman menginap di Paris dan ingin berkunjung ke sini, saya sarankan untuk merencanakan perjalanan ini dengan matang dan tentunya berangkat pagi2 karena Versailles ini merupakan suburban kota Paris dan letaknya cukup jauh dari Paris. Biar seru, mendingan ke sananya naik kereta :)Terus, karena areal istana ini sangat luas, mendingan tentukan dari awal, titik-titik mana saja yang mau dikunjungi, biar ga buang2 waktu, karena seharian ga bakal cukup buat ngelilingin komplek ini.

Menuju Versailles, pose sebelum kereta datang.
Kalau ga berangkat pagi2, teman2 bisa masuk di antrian yang mengular, luar biasa panjangnya. Walau sudah terik, sebenarnya kami sampai di sini masih pagi, waktu itu suasananya masih seperti ini (liat gambar di bawah), belum banyak orang ngantri untuk masuk ke komplek istana.

Tapi, karena saya dan teman-teman kelamaan foto-foto di luar, jadilah kami masuk antrian yang mengular itu; berdiri dan payungan. Oya, jangan lupa bawa payung dan air mineral ya kalau jalan-jalan ke sini!


Masuk ke bagian dalam istana, ada banyak patung, lukisan, dan ukiran yang dipajang di sana. Konon, ada 2.102 patung, 6.123 lukisan, dan 15.034 ukiran. Satu kesamaan dari semua patung yang ada di sana adalah pada ekspresi wajah patung-patung tersebut; suram. Ga tau juga deh, mungkin itu merepresentasikan sesuatu? Labil ekonomi mungkin? Atau konspirasi hati? hehehe...mungkin malah konspirasi kemakmuran ya? *gaknyambung.


 
Berteduh di bawah patung.
Karena saya suka banget ngeliat taman-taman yang indah, jadinya, dari semua hal yang saya liat di Versailles, yang paling saya suka ya udah pasti, tamannya. Luaaaaaaaasssss banget!



Kapan2 pengen piknik ke sana. Tiduran di rumput, lari-lari di labirin tamannya, gelar tiker piknik, dan botram ^_^

21 comments:

Adi Chimenk said...

tiduran di rumput dan piknik gak usah jauh2 ke Prancis mbak, ke Kebon Raya Bogor aja..hehe

oleh2 mana mbak dari europe?

Rifka Nida Novalia said...

Chimenk...hadeuh...kalo botram di kebon raya bogor mah ga bakal gue posting =p

nazaruddin ikhsan said...

wah foto-fotonya bikin ngiler :3 , kapan-kapan ajak dng mbak ke prancis :D

1mmanuel'Z-Note5 said...

Itu perginya dalam rangka apa, Bu?

Rifka Nida Novalia said...

Nazaruddin: itu mah bergantung pada siapa modelnya hehehe... okelah, nanti kalo ada gretongan dikabarin deh.

Immanuel: outing kantor, Nuel.

Gulunganpita said...

indah banget ya Rabb..
subhanallah :)

Sarah said...

ihhh bikin ngiri deh, mbak. mantap amat ya outing kantor ampe ke Paris :D

Rifka Nida Novalia said...

Gulpit: iya, kapan2 mampir atuh ke sana ;)

Sarah: hai kamu...pa kabar? iya, alhamdulillah nyampe sana.

Nathalia Diana Pitaloka said...

aaahhh.. fotonya bikin saya ngiler :D

auliadriani said...

Dari Paris, bentar lagi ke Korea ya, Bu ;)

Rifka Nida Novalia said...

Nathalia Diana Pitaloka: panggilannya apa nih, Mbak? hehehe... kalo saya mah ngiler sama makanan, Mbak ;) Makasih kunjungannya ya...

Aulia: Amiin...pengen, Bu... Ga tau nih diajak apa nggak sama si oppa.

Riesta Emy Susanti said...

mupeeeeeeeeeeeeeeeng...
mau ksana jugaaaa
hihihihihi

Rifka Nida Novalia said...

Riesta: monggo, Mbak... :) Gerbangnya terbuka luas koq hehehee

sari widiarti said...

perancis ini selain romatis, tapi nama tempatnya "seksi" juga ya, klo baca pke dengung2 gitu n monyongin bibi.. verlies, aduh giman itu ucapinnya :D
salam kenal mbak

catatan kecilku said...

Aku mau juga dong jalan2 ke sana...
Sempat gak ngitung sendiri, apa benar jumlah jendelanya 2.153? :D

Rifka Nida Novalia said...

Sari Widiarti: ngucapinnya susah deh, Mbak :) makasih kunjungannya ya, Mbak.

Bu Reny: ngitung dong, Bu, tapi ga sampe selesai hehehe..

Anonymous said...

Dapuuurrr, saya datang!!!!

dee said...

Dapuuurrrr , saya datang!!!

Shanty said...

Bikin ngilerrrr :3
Salam kenal mba rifka :)

Rifka Nida Novalia said...

Shanty: salam kenal :) sering2 mampir ya!

Denna Reliadi said...

mba Rifkaaaaaaaa, ada muka aku nongol disitu hihihi. ini postingan lama, tapi baru komen. Ketauan banget deh gue stalkernya wakakkaa. I miss youuu deh :*